Hari Mulyanto
28

Se Laisser Pousser La Barbe

Setelah beberapa buLan beristikharoh dan bersemedi, saya beLum berani mengambiL keputusan. Akankah saya memiLih seperti Orlando Bloom atau seperti Shavo Odadjian? :D. Dari beberapa referensi yang saya baca, ada beberapa hadits yang berkaitan dengan masaLah yang sedang saya hadapi kaLi ini.

“Selisihilah orang-orang musyrik, potonglah kumis (hingga habis) dan sempurnakan jenggot (biarkan tumbuh lebat)” [1]

“Potonglah kumis dan biarkanlah jenggot memanjang, selisihilah orang-orang Majusi” [2]

“Barangsiapa yang tidak pernah mengambil dari kumisnya (memotongnya), maka dia bukan termasuk dari golongan kami” [3]

Di daLam hadits-hadits yang telah disebutkan di atas terdapat petunjuk bahwa memanjangkan kumis dan mencukur jenggot serta memotongnya termasuk perbuatan menyerupai orang-orang majusi dan orang-orang musyrik, padahaL sudah diketahui bahwa menyerupai mereka adaLah perbuatan yang mungkar, tidak boLeh diLakukan berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW.

“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari golongan mereka” [4]

Jadi, sahabat, haruskah saya memotong jenggot saya yang sudah lumayan panjang ini, atau tetap membiarkannya tumbuh?

[1] Shahih Al-Bukhari, kitab Al-Libas (5892, 5893), Shahih Musim, kitab Ath-Thaharah (259).
[2] Shahih Muslim, kitab Ath-Thaharah (260)
[3] Sunan At-Turmudzi, kitab Al-Adab (2761), Sunan An-Nasai, kitab Ath-Thaharah (13) dan kitab Az-Zinah (5047)
[4] Sunan Abu Daud, kitab Al-Libas (4031), Musnad Ahmad (5093, 5094, 5634)

Filed in: Knowledge, Personal Tags: , , , , , terjadinya hari panjang dan hari pendek, 

28 Responses to "Se Laisser Pousser La Barbe"

  1. Hari Mulya says:

    shaLat lima waktu ja masih beLum bisa lengkap, kok maLah ngurusin kayak gini… :doh:

    iya juga, sih…

  2. Hari Mulya says:

    horray, akhirnya bisa pertamax..

    saLam kenaL dari purbaLingga, buat pemiLik bLog ini…

    saLam juga..
    lho kok sama dari Purbalingga..
    Purbalingganya mana, Mas?

    • Oyen says:

      jare Pak’e iki blogger gurem…

      nulis dewe, di komeng dewe *podo Lek :mrgreen:

      lha iki kan bLogku..
      terserah aku meh nuLis neng endi to ya?
      *membeLa diri…

    • Alwi says:

      Heee .. hee… lagi ndagel iki Mas Hari, opo latihan nDalang …?

      ya, sekedar menyaLurkan bakat… :lamo:

      • Alwi says:

        Variasi aja kadang dipanjangin kadang dipendekin …. tinggal bagaimana kenyamanan kitanya, kalau memang bisa ittiba’ Rosul dalam segala aspek ya bagus, tapi dalam konteks tertentu perlu pemahaman yg kontekstual dan substansial jangan terlalu teksbook atau pemahaman harfiah semata, sebagai contoh kadang ada orang yg ingin ittiba’ Rosul secara teksbook dari sisi tampilan, jenggot panjang, pakai sorban putih dll tapi malah gak bisa menjaga akhlaknya, kebersihannya (kumal dan buluk) dll, sehingga malah kadang membuat pencitraan yg kurang baik ttg Islam padahal Islam cinta keindahan, kebersihan, kedamaian dll

        Ketika jaman penjajahan Belanda sempat ada pengharaman pakai pantalon karena akan menyerupai mereka (para penjajah) tapi apakah kalau sekarang pakai akan menyerupai penjajah? apakah kalau kita pakai jas akan seperti orang Yahudi? (barat)? Wallahu’alam bishshowab.

        Tapi kalau memang bisa ittiba’ Rosul dalam aspek fisikly dan substansial, amal, akhlak, perilaku dll dan bisa istiqomah insya Allah akan dapat poin plus-plus baik dunia maupun akhirat dan akan mendorong dan memotivasi kita untuk berilmu dan beramal dg baik

        terimakasih banget, Pak..
        pertimbangannya lumayan lengkap, masuk akaL..
        pengennya sih lahir batin ikut Beliau…

    • jumialely says:

      salam kenal juga mas hari mulya.. selamat datang dan ditunggu kunjungan berikutnya ya..

      :D

  3. ngko awan ngimami sholat dzuhur sik..ngko tak wenehi saran apik e py..

    :lmao: apik e takon pb wae…

  4. nakjaDimande says:

    Hari pake jenggot ato engga..
    berkumis ato engga..

    teteup aja anak eMak yang paling ganteng se purbalingga

    ya iyaLah..
    bahkan bukan hanya se Purbalingga… :D

  5. nDuk says:

    Waah… ngger HaMuL dah kumisen dan jenggotan ternyata. Kirain baru dilairin kemaren sore :P

    **Tulisan komene cilik men, Pelit!

    endi to, mosok to ciLik?

    • nDuk says:

      Jangan tanya padaku wahai Anak Muda, diriku berkumis saja tidak apalagi berjenggot.

      **Nunggu komen para jejaka (Pak Mars, Lik Kyaine, Kang Vyan dan Bang Oyen)

      kayaknya mereka ga bakaL dateng, karena ga bisa ngasih saran…

  6. wi3nd says:

    de’..

    berjenggot bole,tapi jangan panjang panjang..
    pendek ajah,emm pas dagu gituuhh ..

    tapi seeh lebih bagus kalu ndak pake jenggot.
    lebih bersih ajah dan enak diliat :)

    *komeng bingungi

    tapi aku ra bingung ox.. cuma mumet… :D

  7. advertiyha says:

    yang penting bersih dan ibadahnya OK.. :) :)

    setuju, mBa…

    “sejatinya semua cowok itu ganteng, tergantung perbuatan dan amalannya mas,, ”

    tapi aLangkah beruntungnya ganteng perbuatan ma amaLnya dibarengi ganteng fisiknya… :D

    hihihi….

  8. Oyen says:

    Oyen nyari kamus dulu, apa bedanya jenggot dan kumis??? :roll:

    sama-sama rambut, tapi letaknya beda… :D

  9. berjenggot atau gak.
    berkumis atau gak,
    tetap aja HaMul tuh ngganteng…… :)
    salam

    Bunda kok jujur banget siy… :lmao:

  10. kalau gak percaya ,
    tanya deh sama Dy…… :D
    salam

    yah, kaLo itu sih dah pasti, Bunda…

Leave a Reply

Submit Comment

© 2009-2016 Hari Mulya. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Your Left Brain Can Analyze It While Your Right Brain Let You Feel It