Hari Mulyanto
16

Usman Janatin City Park

Satu lagi tempat asyik di Purbalingga, namanya Usman Janatin City Park.

Mengenai nama Usman Janatin yang dipakai untuk taman kota ini, ditujukan untuk mengenang sosok pahlawan nasional asal Purbalingga. Usman Janatin, merupakan prajurit KKO (Korps Komando Operasi -kini disebut Marinir-) Indonesia yang ditangkap di Singapura pada saat terjadinya Konfrontasi dengan Malaysia. Bersama dengan seorang anggota KKO lainnya bernama Harun, ia dihukum gantung oleh pemerintah Singapura pada Oktober 1968 dengan tuduhan meledakkan bom di wilayah pusat kota Singapura yang padat pada 10 Maret 1965.

Usman Janatin City Park berada di lahan bekas Pasar Kota yang memang didayagunakan untuk kepentingan masyarakat. Pengembangan diarahkan untuk mendukung aktivitas sosial masyarakat Purbalingga berupa pusat rekreasi dan hiburan kota (urban leasure) dan fasilitas hotel/penginapan yang representatif.

Usman Janatin City Park

Area dengan total luas lahan sekitar 16.000 meter persegi itu disediakan sebagai lahan terbuka seluas 12.826 meter persegi dan lahan terbangun 3.174 meter persegi. Dari keseluruhan lahan terbangun, masing-masing terbagi menjadi 681 meter persegi untuk pusat jajanan, 122 meter persegi untuk panggung seni dan seluas 792 meter persegi untuk pusat hiburan.

Sarana bangunan yang ada terdiri gedung entertainment centre, karaoke, fitness centre, kios pujasera, dan gedung amphitheatre. Diharapkan taman kota itu akan memberikan nilai lebih dari sekedar ruang publik. Selain memberikan pilihan untuk bersantai, Usman Janatin City Park diharapkan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Purbalingga.

Hingga saat ini Usman Janatin City Park belum difungsikan secara penuh. Pasalnya pemerintah kabupaten mengalami kesulitan pendanaan guna pengembangan sarana hiburan dan olah raga. Akibatnya hampir 5 bulan setelah diresmikan, Usman Janatin Park masih sepi. Yah, semoga saja kedepannya ada banyak investor yang mau menanamkan modaLnya di Taman Kota ini.

Filed in: Entertaintment, Reference Tags: , , , hotel di purbalingga, tempat fitnes di purbalingga, owabong hotel, 

16 Responses to "Usman Janatin City Park"

  1. boyin says:

    motonya lagi mendung apa di purbalingga hawanya dingin mas? :-?? ~O)

  2. itu gadis cantik yg di foto, Dy khan? :smile:
    salam

  3. bunda diundang dong HM, mau juga jalan2 ke taman ini [-O<
    salam

  4. afitsetiadi says:

    Hehehe.. sayang sekali belum 100%, jadi fasilitas belum bisa dipakai semua. Padahal strategis tuh tempatnya. :)

  5. rinJaNi says:

    namanya unik,usman janantin :roll:

    pemuda Rasta,tempatnya enak tak?

    jika aku berkunjung kesana,temani aku yaaa…:emokedibkedib:

  6. Jannatin Suwandi says:

    :o aku akan berkunjung ke sana

Leave a Reply

Submit Comment

© 2009-2016 Hari Mulya. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Your Left Brain Can Analyze It While Your Right Brain Let You Feel It