Hari Mulyanto
49

Top Komentator Babak Belur

Pernah Sering marah? Saya pernah baca dari beberapa literatur, pemicu marah yang paLing umum adalah perasaan bahaya atau terancam. Ancaman yang dimaksud bukan saja berupa ancaman fisik langsung, tapi dapat juga berupa ancaman simboLik yang menyinggung harga diri atau martabat, misaLnya diperLakukan tidak adiL, dikasari, dicacimaki, diremehkan, dan frustrasi setelah mengejar target penting.

Beberapa langkah nyata yang dapat diLakukan untuk mengeLola amarah.

  • Pertama, mengidentifikasi kesaLahan sikap dan pendirian yang mempengaruhi kita untuk marah secara berLebihan. Begitu kesaLahan ini diperbaiki, kita bakaL lebih mudah mengendaLikan marah.
  • Kedua adaLah mengidentifikasi faktor-faktor dari masa keciL kita yang menghambat kemampuan kita mengekspresikan amarah. Faktor- faktor ini termasuk ketakutan, penoLakan, ketidaktahuan, dan seterusnya.
  • Ketiga adalah mempeLajari cara tepat untuk mengekspresikan kemarahan sehingga kita tetap dapat menguasai situasi yang menimbuLkan kemarahan itu, bahkan secara lebih efektif. Rasa cemas dan depresi sering kaLi merupakan dampak dari kemarahan yang ditekan. Lebih repot lagi, ketika kita mengaLami depresi, kita juga sangat sering marah pada diri kita sendiri tanpa menyadarinya.
  • Keempat, menutup luka-luka yang mungkin tertinggaL oleh pengaruh emosionaL dari kemarahan yang menghancurkan. Luka amarah yang tinggaL dalam diri kita itu adalah terhadap mereka yang teLah berbuat saLah terhadap kita. Jika kita tidak menuntaskan langkah terakhir ini, rasa kesaL dan jengkeL karena merasa teLah diperLakukan tidak adiL akan meLekat terus. Sampah amarah dan kemarahan kita itu pun bakaL terbawa terus, sampai akhirnya membusuk dalam hati kita seLamanya.

Bagi para sahabat yang marah atau iri dengan para top komentator buLan April berikut, diLarang mengumpat atau mengekspresikannya dengan cara negatif, cukup pukuLin aja gravatar mereka di sini, laLu perhatikan apa yang terjadi. :D (Maaf bagi para Top Komentator, ini cuma hiburan, tak ada niat negatif, jangan marah ya?!)

Terimakasih untuk sahabat yang seLama ini sudah sudi berkunjung ke sini, terimakasih juga untuk para Top Komentator: Bundo, Bu Jum, Mas Vyan, Pak Jason, dan Aa Achoey, yang teLah bersedia dipukuLi… :D

Filed in: Blogging, Personal Tags: , , , , , , , , Apa yang dimaksud dengan menu, yang dimaksud dengan menu, 

49 Responses to "Top Komentator Babak Belur"

  1. idebagusku says:

    kalau harus mukulin avatarnya, berarti saya harus memukul monitor dong?
    saya gak ikutan ah mas

  2. jumialely says:

    malam mas hariiiii , masih menyediakan ruang babak belur ya?? :)
    .-= jumialely´s last blog : Teknologi Informasi : Masyarakat Kreatif, Indonesia Maju =-.

  3. Irawan says:

    kapan lagi bisa nonjok top komentator…
    .-= Irawan´s last blog : Coca Cola Bisa Menyelamatkan Bumi? =-.

  4. Irawan says:

    komentar lagi ah, aku rela bulan depan ditonjokin…
    .-= Irawan´s last blog : Coca Cola Bisa Menyelamatkan Bumi? =-.

  5. nakjaDimande says:

    Har, tolong sms-in siapa aja yang nonjok pic-nya bundo.. :evil:

  6. Bang Iwan says:

    cara bikinnya gimana nih….

  7. Bang Iwan says:

    jadi takut Top Koment disini, entar babak belur pula..

  8. poi poi says:

    Ada cara marah yang bagus: Tunggu marahnya satu jam. Lalu perhatikan apa yang terjadi………….. :razz: :razz:

Leave a Reply

Submit Comment

© 2009-2016 Hari Mulya. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Your Left Brain Can Analyze It While Your Right Brain Let You Feel It