Bajingan

Di kampung haLaman saya, di Purbalingga, kata Bajingan tak selalu berkonotasi negatif. Sekarang mungkin iya, tapi duLu, kata kakek nenek saya, arti Bajingan tak serendah apa yang sekarang dikenaL luas di masyarakat. Bajingan adaLah sebutan bagi orang yang berprofesi sebagai pengendara gerobak sapi. Dulu gerobak sapi masih umum digunakan sebagai alat transportasi.

Bajingan
Bajingan, Pengendara Gerobak Sapi

Jika sahabat suka membaca noveL, istiLah Bajingan ini akan sering sahabat temui di noveL Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Lantas, kenapa istiLah Bajingan bisa berubah menjadi kata yang sangat sempurna untuk mengumpat dan memaki? Saya sendiri juga tidak tahu.

26 thoughts on “Bajingan

  • 4 September 2010 at 06:28
    Permalink

    keragaman bahasa dan ungkapan dr berbagai daerah, kadang memang menjadikan beda pengertian ya Hari…… 🙂
    salam

    saya yakin, sekarang pun tak ada yang brani biLang sopir gerobak sapi itu bajingan…

    Reply
  • 4 September 2010 at 08:04
    Permalink

    jauh amat pergerserannya ya
    pasti kalau di ktp profesinya nggak ditulis bajingan lagi ❓

    bagian itunya disensor.. dikasih ***, tapi beLakangnya dikasih tambahan ‘tengik’ … 😀

    Reply
  • 4 September 2010 at 11:11
    Permalink

    kmaren kanapa neeh bLog 🙄

    kemarin lupa aku close commentnya.. 😀

    aku pernah naek bajingan inii dek :funkydance:

    bajingan itu supirnya, mBa..
    masa mBa wi3nd naekin supirnya… :lmao:

    seruu,ndak kaya naek deLman,ini lebih gimanaaaa getuuh ;))

    Reply
    • 6 September 2010 at 06:44
      Permalink

      :lmao: kirain nama gerobaknya

      ketahuan bacanya ga bener… :lmao:

      Reply
  • 5 September 2010 at 01:13
    Permalink

    Baru tau saya ,,, waktu KKN 2 bulan di Purbalingga gak ketemu Bajingan heee …. atau saya yang lupa yaaa … solanya dah 15 tahun yg lalu …

    Reply
    • 5 September 2010 at 01:16
      Permalink

      Maaf keburu2 jadi salah ketik deh … soalnya mang dah lama banget KKN-nya bukan di Purbalingga tapi di Banjarnegara tapi sering keluyuran sampai Purbalingga … heeee … (ralat ..)

      Reply
  • 6 September 2010 at 11:50
    Permalink

    asal jgn sampe entu bajingan masuk jakarta aja, bikiinn muaaceett ….
    :rock:

    becak aja diusir, apaLagi bajingan… 😀

    Reply
  • 6 September 2010 at 21:17
    Permalink

    Tilik bajingan maneh 😀

    yang komentar di sini pasti bukan bajingan semua…

    Reply

Leave a Reply